Review Buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah

Gambar
  Dalam RCO level ketiga ini, saya memilih membaca buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah karya Geulbaewoo. Ini adalah kali pertama saya baca buku esai terjemahan Korea, rasanya agak aneh awalnya tetapi lama-lama bisa menikmati. Jujur saja saya tertarik untuk membaca bukunya karena judulnya, berharap menemukan vitamin tambahan dalam proses mendalami petuah 'learn to rest not to quit'. Selain itu saya juga menyukai desain sampulnya yang simpel, tetapi tetap berkesan apalagi ada gambar bunga mataharinya, hehe. Menurut saya isi buku ini cukup menarik tetapi tidak keseluruhan. Beberapa tulisan membuat saya menggut-manggut tak lupa ditempeli sticky notes biar gampang kalau nyari lagi, beberapa lainnya biasa saja (bukan sebab kurang berkesan, tetapi mungkin karena sudah pernah membaca tema itu sebelumnya). Panjang tulisan esainya pun beragam. Ada yang sampai beberapa halaman. Ada yang cuma satu kalimat. Ada yang berisi pengalaman pribadi, ada yang berisi nasihat-nasihat, dll.

Tips Memulai Hari Senin yang Lebih Menyenangkan

 

Hari Senin sepertinya menjadi hari yang paling tidak disukai oleh kebanyakan orang. Beberapa orang bahkan mengalami kecemasan yang berlebihan ketika menghadapi hari Senin. Hal ini disebut dengan Monday Blues Syndrom. Dilansir dari situs aladokter.com Monday Blues merupakan perasaan bosan dan tidak bersemangat yang dirasakan seseorang menjelang hari Senin. Monday blues bisa disebabkan oleh tidak siapnya mental seseorang untuk kembali beraktivitas, karena terbayang tumpukan pekerjaan yang harus dikerjakan.

pixabay.com/nneem


Jika saja bisa, rasanya ingin menghapus hari Senin dari kalender ya, hehe. Tetapi saya percaya teman-teman bisa menaklukkan hari Senin dan menjalaninya dengan baik. Nah, biar tidak cemas lagi boleh dicoba nih tips untuk menghadapi hari Senin agar berjalan lebih menyenangkan:

1.    Menikmati hari libur

Sebelum hari Senin tiba sebenarnya kita sudah diberi jatah hari libur yaitu hari Sabtu dan Minggu. Kadang ketika hari Senin masih timbul perasaan bahwa hari liburnya kurang. Hal ini bisa kita atasi dengan cara menikmati hari libur sepenuhnya. Tinggalkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan di hari libur. Meskipun masih ada pekerjaan menumpuk di kantor, lupakanlah sejenak. Jika perlu jauhkan ponsel atau laptop dari jangkauan. Nikmati kebersamaan bersama keluarga atau buat acara me time yang seru. Teman-teman bisa melakukan apa saja yang biasanya tidak bisa dilakukan di hari biasa. Dengan menikmati hari libur sepenuhnya, akan menimbulkan rasa puas, sehingga hati lebih siap menghadapi hari Senn.

2.    Mambuat to do list di Minggu malam

To do list membantu kita agar bisa lebih terencana dan teratur. Tidak ada salahnya membuat to do list di Minggu malam. Kita bisa membuat daftar pekerjaan yang harus kita selesaikan besok. Dengan to do list kita jadi punya gambaran mau ngapain saja. Tapi ingat, hanya sebatas membuat daftar saja, jangan terlalu dipikirkan beban pekerjaan yang akan dihadapi. Teman-teman juga bisa menambahkan to do list kegiatan pribadi di samping pekerjaan, karena hari Senin bukan hanya tentang bekerja kan?

3.    Mempersiapkan pakaian terbaik

Besok mau pakai baju apa ya? Pakaian yang nyaman adalah salah satu hal pendukung agar hari Senin kita lebih menyenangkan. Teman-teman bisa mulai memilah, melakukan mix and match pakaian untuk hari Senin bahkan bisa sekalian untuk satu minggu. Jika bekerja pakai seregam kantor pun kita masih bisa mempersiapkannya dengan maksimal yaitu dengan mencuci kemudian menyetrikanya dengan rapi. Jangan lupa gantung pakaian di lemari dengan posisi mudah terjangkau, sehingga memudahkan saat mengambil esok harinya. Sepatu kalau bisa dalam kondisi bersih juga ya hehe.

4.    Memepersiapkan perlengkapan

Mempersiapkan perlengkapan bawaan tidak kalah penting. Seringkali kita sudah badmood duluan karena pada Senin pagi kita sibuk mencari barang yang kita butuhkan. Ayo coba cek isi tasnya, sudah lengkap belum barang bawaannya?

5.    Istirahat yang cukup

Nah, setelah persiapan beres sekarang saatnya istirahat yang cukup di Minggu malam. Penuhi kebutuhan tidur badan kita. Kondisikan kamar senyaman mungkin untuk istirahat. Misalnya kasur dalam kondisi rapi dan bersih, membersihkan badan sebelum tidur, memakai pakaian yang nyaman, mematikan lampu jika bisa membuat tidur lebih nyenyak, atau bisa juga dengan menambahkan aroma terapi. Jika khawatir bangun kesiangan jangan lupa pasang alarm, ya.

6.    Bangun pagi dengan afirmasi positif

Katanya kondisi pikiran di pagi hari sangat mempengaruhi suasana hati selama seharian. Ketika bangun pagi jangan buru-buru memikirkan tentang pekerjaan. Lakukan peregangan kecil biar badan lebih rileks. Ingat kembali hal-hal yang kita syukuri, sesederhana ucapan terima kasih telah dibangunkan dalam kondisi yang sehat. Kemudian tambahkan afirmasi positif. Jika perlu tuliskan afirmasi tersebut sebelumnya agar lebih mudah dibaca. Setelah dirasa cukup, barulah beranjak dari kasur dan siap memulai hari.

7.    Aktivitas pagi

Apa aktivitas pagi teman-teman? Pasti beragam ya, ada yang olahraga, yoga, baca buku, bersih-bersih, menyiapkan sarapan dan lain-lain. Lakukan aktivitas pagi yang paling ideal sesuai dengan kondisi teman-teman. Jika bisa jangan dulu memulai dengan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan kantor. Olahraga bisa menjadi salah satu pilihan, karena dengan olahraga tubuh kita jadi semakin bugar, selain itu olahraga juga bisa meningkatkan hormon dalam tubuh kita yang bisa meningkatkan rasa kegembiraan. Tidak perlu lama-lama, sesuaikan dengan waktu dan kapasitas tubuh yang kita miliki. Olahraga juga tidak harus keluar rumah, cukup menggelar matras di kamar pun sudah jadi tempat yang nyaman untuk olahraga.

8.    Berangkat tidak mepet jam masuk

Siapa nih suka mepet-mepet kalau berangkat hehe. Kalau bisa jangan dibiasakan ya, apalagi hari Senin. Perhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk ke kantor, jangan lupa pertimbangkan jika ada kondisi macet juga. Apalagi jika kita menggunakan kendaraan umum, pastikan semua sudah kita pikirkan baik-baik. Berangkat lebih awal membuat kita tidak terburu-buru, pikiran pun jadi tidak terganggu oleh ketakutan terlambat datang ke kantor.

 

9.    Menyapa orang yang ditemui

Menyapa orang lain selain bisa membuat orang lain lebih dihargai juga bisa membuat suasana hati lebih gembira. Kita bisa mulai menyapa orang-orang yang kita temui ketika keluar umah. Tidak harus bicara panjang lebar, cukup panggil nama atau bahkan senyum saja. Ketika sampai di kantor jangan lupa juga untuk menyapa rekan kerja yang kita temui. Dengan demikian hari Senin kita jadi lebih menyenangkan.

pixabay.com/StarupStockPhotos

10. Menjalani hari dengan rasa syukur, jika lelah istirahatlah sejenak

Banyak hal sudah kita persiapkan sebelumnya, saatnya menjalani hari Senin dengan rasa syukur. Ketika merasa lelah karena pekerjaan itu adalah hal yang wajar. Ambil jeda beberapa menit untuk mengatur nafas, gerakkan badan agar lebih rileks, dan penuhi kebutuhan minum. Jika perlu keluarlah sejenak dari ruangan, kemudian lihat pemandangan di luar atau lihatlah birunya langit. Syukuri yang telah kita alami dan jangan lupa ucapkan terima kasih pada diri sendiri.

Hari Senin sebenarnya sama seperti hari-hari lainnya, jadi jangan merasa cemas berlebihan ya. Tetapi jika memang mengalami keluhan berat akibat menghadapi hari Senin, jangan ragu untuk melakukan konsultasi ke spesialis. Semoga dengan beragam persiapan yang telah kita usahakan bisa membuat hari Senin kita lebih menyenangkan. 

 

Komentar

Popular

Asmara Sri Huning Mustika Tuban

Review Novel Antara Cinta dan Ridha Ummi

Ulasan Buku Dokter yang Dirindukan

Belajar Prosa Liris bersama Uncle Ik

Tentang Rara, Tokoh Utama dalam Novel Rumah Tanpa Jendela