Review Buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah

Gambar
  Dalam RCO level ketiga ini, saya memilih membaca buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah karya Geulbaewoo. Ini adalah kali pertama saya baca buku esai terjemahan Korea, rasanya agak aneh awalnya tetapi lama-lama bisa menikmati. Jujur saja saya tertarik untuk membaca bukunya karena judulnya, berharap menemukan vitamin tambahan dalam proses mendalami petuah 'learn to rest not to quit'. Selain itu saya juga menyukai desain sampulnya yang simpel, tetapi tetap berkesan apalagi ada gambar bunga mataharinya, hehe. Menurut saya isi buku ini cukup menarik tetapi tidak keseluruhan. Beberapa tulisan membuat saya menggut-manggut tak lupa ditempeli sticky notes biar gampang kalau nyari lagi, beberapa lainnya biasa saja (bukan sebab kurang berkesan, tetapi mungkin karena sudah pernah membaca tema itu sebelumnya). Panjang tulisan esainya pun beragam. Ada yang sampai beberapa halaman. Ada yang cuma satu kalimat. Ada yang berisi pengalaman pribadi, ada yang berisi nasihat-nasihat, dll.

Pengalaman Pertama Memasang Google Search Console

Pertama kali dengar kata Google Search Console pikiran langsung berteriak, mainan baru apa lagi ini? Jujur, sejak mengikuti kelas ODOP Blogger Squad banyak hal-hal asing yang baru saya ketahui. Lagi-lagi saya tersadarkan bahwa ngeblog bukan cuma tentang menulis kemudian posting saja. Pelajaran baru kali ini adalah memasang GSC alias Google Search Console.



Sesuai dengan penjelasan Coach Marita, Google Search Console merupakan platform tidak berbayar yang bisa digunakan oleh para pemilik website untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik Google. Fungsi Google Search Console kurang lebih ada 4, yaitu:

1. Melihat kinerja blog dari sisi SEO

2. Melihat cakupan halaman yang terindex di google

3. Melihat hal-hal yang perlu disempurnakan  dari sebuah website

4. Inpeksi URL

Cukup segitu dulu rangkuman materinya, semoga dengan ditulis ulang jadi lebih mudah diingat. Sekarang lanjut curcol pengalaman pertama memasang Google Search Console, hehe.

Sebenarnya saya sudah kepikiran untuk mulai otak-atik pada hari Sabtu, lumayan jadi pengisi kegiatan saat libur tetapi di kosan aja. Eh ternyata keinginan hanyalah keinginan. Realisasi baru terjadi hari Senin dini hari, lebih tepatnya sekitar pukul 00.00-01.00 WIB. Duh ngerjain jam segitu resiko nggak bisa nanya ke grup kalau ada error karena memang waktunya istirahat. Tetapi saya memberanikan diri untuk coba-coba mandiri, karena deadline hari Senin.

Saya mulai baca-baca ulang chat di grup yang berhubungan dengan materi Google Search Console di grup yang sudah saya bintangi sebelumnya. Kemudian lanjut buka link tentang tutorial pemasangan Google Search Console yang diberikan oleh Coach Marita, dan ketika buka link tersebut langsung was-was. Gambar-gambar pelengkap di website tersebut tidak muncul, saya coba pakai ponsel masih sama. Sepertinya memang sinyal saya sedang kurang mendukung, atau entah sebabnya apa. Padahal gambar biasanya jadi penolong saya untuk mempermudah memahami maksud instruksi.


Rasanya pengen balik kasur buat tidur tetapi kok penasaran, akhirnya sekalian nyebur. Jadilah saya melakukan sesuai arahan tulisan dan sesekali buka-buka grup. Langkah-langkah yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

1. Membuka tautan GSC https://search.google.com/search-console/about

2. Kemudian masuk menggunakan email yang sebelumnya saya gunakan juga saat memasang Google Analytics

3. Setelah itu saya diarahkan untuk add property, saya pilih yang domain

4. Memasukkan domain secara langsung pebriika.my.id

5. Kemudian verifikasi, saya klik-klik saja lanjut/terus sampai verifikasi selesai

6. Pilih pilihan ‘peta situs’ kemudian tambahkan peta situs baru

7. Karena saya pilihnya ‘Domain Property’ maka di bagian peta situs yang masih kosong tersebut saya isi https://www.pebriika.my.id/sitemap.xml

8. Kemudian submit

Alhamdulillah setting-setting Google Search Console lancar, meskipun ketika saya pilih overview/sekilas muncul tulisan ‘Memproses data, harap periksa kembali setelah sekitar satu hari’. Saya putuskan untuk menunggu dulu sesuai instruksi.

Masalah baru muncul saat saya hendak menghubungkan Google Search Console dangan Google Analytics. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya gambar-gambar tidak muncul. Saya kebingungan mencari ikon-ikon yang dimaksud. Ketika saya buka grup ternyata ada juga yang menanyakan hal serupa (bingung pilih ikon yang mana). Tetapi belum ada jawaban. Akhirnya saya googling sendiri. Alhamdulillah menemukan panduan yang membawa titik terang. Hal-hal yang saya lakukan ketika menyambungkan Google Search Console ke Google Analytics adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke akun Google Analytics

2. Pilih Admin di pojok kiri bawah. Pilih Property Settings/Setelan property. Kemudian scroll ke bawah hingga menemukan Adjust Search Console/Sesuaikan Search Console

3. Pilih Add pada menu Search Console Settings

4. Pilih properti website yang sudah terverifikasi search console dan yang ingin dihubungkan dengan google analytics. Kemudian pilih Save

5. Seharusnya direfresh, tetapi saya lupa refersh apa tidak hehe

 

Untuk mengecek apakah sudah terhubung, saya sudah bisa melihat data dari Google Search Console di Google Analytics di menu Acquisition/akuisisi dan pilih Search Console.

Sekian curcol saya tentang pengalaman pertama memasang Google Search Console. Ternyata tidak semenakutkan yang saya pikirkan hehe, yang penting coba aja dulu.


Komentar

Popular

Asmara Sri Huning Mustika Tuban

Review Novel Antara Cinta dan Ridha Ummi

Ulasan Buku Dokter yang Dirindukan

Belajar Prosa Liris bersama Uncle Ik

Tentang Rara, Tokoh Utama dalam Novel Rumah Tanpa Jendela