Review Buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah

Gambar
  Dalam RCO level ketiga ini, saya memilih membaca buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah karya Geulbaewoo. Ini adalah kali pertama saya baca buku esai terjemahan Korea, rasanya agak aneh awalnya tetapi lama-lama bisa menikmati. Jujur saja saya tertarik untuk membaca bukunya karena judulnya, berharap menemukan vitamin tambahan dalam proses mendalami petuah 'learn to rest not to quit'. Selain itu saya juga menyukai desain sampulnya yang simpel, tetapi tetap berkesan apalagi ada gambar bunga mataharinya, hehe. Menurut saya isi buku ini cukup menarik tetapi tidak keseluruhan. Beberapa tulisan membuat saya menggut-manggut tak lupa ditempeli sticky notes biar gampang kalau nyari lagi, beberapa lainnya biasa saja (bukan sebab kurang berkesan, tetapi mungkin karena sudah pernah membaca tema itu sebelumnya). Panjang tulisan esainya pun beragam. Ada yang sampai beberapa halaman. Ada yang cuma satu kalimat. Ada yang berisi pengalaman pribadi, ada yang berisi nasihat-nasihat, dll.

Alasan Ngeblog yang Bikin Semangat

 

Rasa bosan sering kali timbul saat kita melakukan aktivitas secara berulang dalam jangka waktu panjang. Hal tersebut bisa diatasi salah satunya dengan cara menengok kembali alasan ketika memulainya. Termasuk ketika kita melakukan aktivitas membagikan tulisan di situs website berformat blog, alias ngeblog. Alasan-alasan kenapa saya ngeblog akan jadi pelecut semangat ketika godaan bosan menghantui.

Setiap orang memiliki alasan ngeblog yang beragam, hal itu sangat bagus untuk bisa dijadikan referensi. Namun, alasan versi diri sendiri tentu lebih mudah dipahami karena berasal dari perbincangan hati. Sesuatu yang dimulai dari hati tentu lebih seru kan hehe. Berikut alasan ngeblog versi saya pribadi:

pixabay.com/pixelcreatures


1.    Dekat dengan keahlian

Pilihlah yang dekat dengan diri atau mudah untuk dilakukan, pesan yang entah dari siapa itu selalu terngiang saat pertanyaan mau ngembangin skill apa muncul di pikiran. Setelah melakukan perenungan panjang saya menyadari bahwa menulis adalah keahlian yang saya miliki. Meskipun belum jago sama sekali tetapi hal ini lebih mudah untuk saya lakukan ketimbang public speaking, menggambar, dan yang lainnya. Namun, saya tidak membatasi diri untuk belajar hal-hal yang kurang saya senangi jika memang itu dibutuhkan.

 

2.    Ruang tak terbatas

Sebagai perempuan yang kadang hobi curcol atau cerita panjang kali lebar, blog sangat cocok untuk dijadikan media menulis. Saya bisa bergerak bebas tanpa gangguan batasan jumlah karakter ketimbang saat menuliskannya di media sosial lain misal Instagram, Twitter, atau status WhatsApp.

 

3.    Tuntutan selalu belajar

Menulis adalah kegiatan menuang, agar bisa dituang teko harus diisi, begitu kiranya kata penulis idola saya. Ketika ngeblog yang tidak jauh dari kegiatan tulis menulis saya dituntut untuk banyak membaca dan bertanya agar tulisan saya tidak hanya asal bicara. Apalagi baru-baru ini saya mendapatkan bocoran bahwa ngeblog bukan hanya tentang menulis. Banyak printilan lainnya yang harus saya pelajari agar tulisan saya lebih mudah dipertemukan dengan jodohnya alias pembaca.

 

4.    Ada kesempatan belajar ngeblog

Salah satu hal yang saya syukuri adalah Allah mempertemukan saya dengan komunitas menulis. Lebih-lebih lagi saya masih diizinkan berada di dalamnya meskipun sudah lama tidak menulis (jangan ditiru ya hihi). Nah, komunitas menulis yang saya ikuti sedang membuka kelas ngeblog dari dasar. Tidak ada yang kebetulan kan, siapa tau ini kode agar mau belajar lagi.

 

5.    Rekam jejak yang bermanfaat

Ingatan saya terbatas, saya sudah lupa di jam yang sama dengan saat ini, seminggu lalu saya sedang ngapain. Saya bisa saja sudah lupa apa yang saya alami dan pelajaran apa yang saya temui. Menuangkannya dalam tulisan adalah salah satu cara merekamnya. Sederhanya, ketika nanti saya rindu pada momen-momen tertentu saya bisa menengok kembali blog saya. Lebih jauh lagi, tentunya saya ingin tulisan-tulisan dalam blog saya bisa bermanfaat. Aamiin.

 

Itulah alasan ngeblog versi saya pribadi. Alasan yang lebih dakat dengan curhat sepertinya ya hehe. Jika suatu saat timbul rasa bosan, dengan membaca tulisan ini semoga bisa menjadi pelecut semangat untuk apa yang telah saya mulai.  

Komentar

Popular

Asmara Sri Huning Mustika Tuban

Review Novel Antara Cinta dan Ridha Ummi

Ulasan Buku Dokter yang Dirindukan

Belajar Prosa Liris bersama Uncle Ik

Tentang Rara, Tokoh Utama dalam Novel Rumah Tanpa Jendela