Review Buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah

Gambar
  Dalam RCO level ketiga ini, saya memilih membaca buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah karya Geulbaewoo. Ini adalah kali pertama saya baca buku esai terjemahan Korea, rasanya agak aneh awalnya tetapi lama-lama bisa menikmati. Jujur saja saya tertarik untuk membaca bukunya karena judulnya, berharap menemukan vitamin tambahan dalam proses mendalami petuah 'learn to rest not to quit'. Selain itu saya juga menyukai desain sampulnya yang simpel, tetapi tetap berkesan apalagi ada gambar bunga mataharinya, hehe. Menurut saya isi buku ini cukup menarik tetapi tidak keseluruhan. Beberapa tulisan membuat saya menggut-manggut tak lupa ditempeli sticky notes biar gampang kalau nyari lagi, beberapa lainnya biasa saja (bukan sebab kurang berkesan, tetapi mungkin karena sudah pernah membaca tema itu sebelumnya). Panjang tulisan esainya pun beragam. Ada yang sampai beberapa halaman. Ada yang cuma satu kalimat. Ada yang berisi pengalaman pribadi, ada yang berisi nasihat-nasihat, dll.

Resensi Buku Resign Malu Tak Resign Pilu

Penulis             : Fazar Firmansyah
Penerbit           : PT Elex Media Komputindo
Tebal buku      : 200 halaman
Jenis buku       : Nonfiksi, Self Improvement


                     
 Dunia kerja merupakan kehidupan yang penuh warna. Ada saja lika-likunya. Kadang ketika kesejahteraan kita tidak terpenuhi, pekerjaan yang semakin menumpuk setiap hari, hingga teman kantor yang menyebalkan menjadi alasan-alasan tersendiri untuk mengundurkan diri. Namun sepertinya proses resign tidak semudah itu, perlu pertimbangan-pertimbangan jangan sampai salah langkah. Buku terbitan tahun 2018 ini mengajak kita untuk berfikir, benar tidak resign adalah keputusan yang tepat?
            Buku ini berisi kumpulan tulisan yang terbagi dalam tiga bab yaitu tentang masa pencarian kerja, masa kantoran, dan pertimbangan antara resign dan bertahan. Dalam bab pertama banyak menjelaskan tentang mental-mental yang seharusnya dimiliki para pencari kerja. Ada beberapa sendirian tentang para mahasiswa yang mencari jalan pintas dalam meraih sesuatu yang sebenarnya akan berdampak pada reputasinya nanti. Dibahas pula tentang sukses bukan berarti harus jadi PNS dan masih banyak lainnya.
            Penulis banyak menekankan bahwa sebenarnya dalam bekerja itu yang dicari bukan gaji, melainkan juga pengalaman, ilmu dan relasi. Sesekali dikatakan bahwa jangan sampai kita menjadi meminum air yang telah kita ludahi sendiri. Sibuk menjelek-jelekkan perusahaan tapi masih hidup dari gaji yang diterimanya setiap bulan. Berkoar-koar minta kenaikan gaji tapi minim kontribusi.

            Seperti yang saya katakan di awal buku ini berupa kumpulan tulisan, jadi secara pribadi saya berpendapat bisa dibaca secara acak. Yang istimewa dari buku ini menurut saya adalah pemilihan judul maupun sub judul yang cukup menarik perhatian. Banyak pula bertebaran quotes di awal pembahasan baik dari penulis pribadi atau tokoh-tokoh lainnya. Jika saja para pekerja mengaplikasikan sikap-sikap yang diajarkan dalam buku ini, sepertinya perusahaan akan beruntung, rasa syukur terhadap apa pun pilihan pekerjaan yang diambil pun bisa bertambah. Satu hal yang membuat saya tidak nyaman adalah pernyataan yang diulang-ulang dalam sub judul yang satu dengan yang lainnya. Well, mungkin penulis bermaksud untuk menekankan poin tersebut agar semakin diingat betul oleh pembaca. Jadi itu semua tergantung selera masing-masing saja.

Komentar

  1. Oh ini nonfiksi ya.. aku kira fiksi gitu

    BalasHapus
  2. Keren ini, tulisan dari suaminya mentorku di Kelas BelajarM enulis Online (KBMO) dulu. Pernah baca bukunya yg Metamorproses juga. Tapi yg ini belum baca hehe

    BalasHapus
  3. Saya suka judul dari buku ini. Setelah membaca resensinya jadi ingin punya. Note. Terima kasih atas resensinya ya?

    BalasHapus
  4. Huaaa penuh kematangan ya, kalau bosen gimana ya?

    BalasHapus
  5. Keren, mengajak kita berfikir logis

    BalasHapus
  6. Resign malu, tak resign pilu, seperti judulnya aku pernah mengalaminya

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular

Asmara Sri Huning Mustika Tuban

Review Novel Antara Cinta dan Ridha Ummi

Ulasan Buku Dokter yang Dirindukan

Belajar Prosa Liris bersama Uncle Ik

Tentang Rara, Tokoh Utama dalam Novel Rumah Tanpa Jendela