Review Buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah

Gambar
  Dalam RCO level ketiga ini, saya memilih membaca buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah karya Geulbaewoo. Ini adalah kali pertama saya baca buku esai terjemahan Korea, rasanya agak aneh awalnya tetapi lama-lama bisa menikmati. Jujur saja saya tertarik untuk membaca bukunya karena judulnya, berharap menemukan vitamin tambahan dalam proses mendalami petuah 'learn to rest not to quit'. Selain itu saya juga menyukai desain sampulnya yang simpel, tetapi tetap berkesan apalagi ada gambar bunga mataharinya, hehe. Menurut saya isi buku ini cukup menarik tetapi tidak keseluruhan. Beberapa tulisan membuat saya menggut-manggut tak lupa ditempeli sticky notes biar gampang kalau nyari lagi, beberapa lainnya biasa saja (bukan sebab kurang berkesan, tetapi mungkin karena sudah pernah membaca tema itu sebelumnya). Panjang tulisan esainya pun beragam. Ada yang sampai beberapa halaman. Ada yang cuma satu kalimat. Ada yang berisi pengalaman pribadi, ada yang berisi nasihat-nasihat, dll.

Tips Merawat Rambut Berhijab

         
pexels.com/Ambar Simpang
Siang ini panas banget, beruntung tadi saya habis keramas jadi rambutnya nggak lepek amat hehe. Bicara tentang rambut, saya jadi tertarik untuk mencari artikel tentang tips merawat rambut terutama bagi yang berhijab. Setelah saya membaca dari berbagai sumber akhirnya saya menemukan 7 tips yang mudah untuk dipraktekkan dalam merawat rambut berhijab. Yuk simak tips-tips menariknya.
1.      Rajin menyisir rambut
Menyisir rambut merupakan langkah awal yang baik untuk menghindari rambut yang kusut dan lepek. Manfaat lainnya yaitu dapat membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit. Saat menyisir rambut pastikan bentuk sisir yang digunakan sesuai dengan rambut dan juga kebersihan sisir perlu dijaga. Selain itu sisirlah rambut secukupnya saja dan ingat jangan kasar ya.
2.      Rajin keramas dan membersihkan rambut
Meskipun tidak terlihat karena tertutup hijab, kebersihan rambut perlu dijaga. Rajinlah keramas secara berkala, tidak setiap hari tapi berselang hari. Gunakan shampo yang sesuai dengan kondisi rambut yang dialami. Biasanya rambut berhijab cenderung berminyak dan lembab. Menggunakan shampo ringan khusus kepala sensitif akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala dan mencegah ketombe hadir, yang dapat memicu rambut rontok. Jika diperlukan bisa ditambahkan penggunaan kondisioner saat keramas.
3.      Biarkan rambut sepenuhnya kering sebelum memakai hijab
Saat rambut basah adalah saat di mana rambut rentan akan kerusakan jika tidak diperlakukan dengan benar. Sangat penting untuk memastikan rambut benar-benar kering sebelum diikat atau ditutupi dengan hijab. Selain memicu masuk angin, menggunakan hijab saat rambut basah juga bisa menimbulkan bau dan memicu timbulnya ketombe. Pastikan rambut dalam kondisi kering terlebih dahulu. Jika sedang terburu-buru, bisa menggunakan pengering rambut. Meskipun hal ini bukanlah pilihan yang tepat, namun jika terpaksa menggunakannya aturlah pada suhu rendah atau sedang untuk meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan.
4.      Jangan ikat rambut terlalu kencang
Umumnya wanita berhijab sering mengikat rambutnya, karena rambut yang terurai menimbulkan rasa gerah. Selain itu mengikat rambut juga bertujuan untuk merapikan rambut agar tidak keluar-keluar ketika berhijab. Namun mengikat rambut terlalu kencang mengakibatkan rambut menjadi rapuh dan jadi mudah rontok. Jika tetap ingin mengikatnya, ikatlah dengan longgar tidak perlu hingga kaku.
5.      Gerai rambut sesekali
Meskipun tidak bisa sering dilakukan, gerailah rambut sesekali. Menggunakan hijab tidak berarti terus menerus mengikatnya dan menutupinya secara rapat. Sesekali lepaskan ikatan rambut dan biarkan tergerai lepas saat di rumah atau di kamar. Setelah melepasnya sisir dan pijat-pijat kepala untuk melancarkan sirkulasi darah.
6.      Gunakan jepit rambut yang tepat
Jika memiliki kegemaran untuk menggunakan jepit rambut atau terpaksa menggunakannya, pilihlah jepit rambut yang tepat. Lebih baik jangan menggunakan jepit rambut berbahan metal karena dapat membuat rambut patah-patah dan rapuh. Alternatif lainnya yaitu menggunakan jepit rambut berbahan plastik atau karet.
7.      Pilih bahan hijab yang bersahabat dengan kulit
Setiap wanita berhijab penting untuk mengetahui jenis kain hijab yang cocok digunakan untuk kulit kepalanya. Pastikan menggunakan kain yang ramah kulit dan memiliki jalur keluar-masuk udara. Jika memungkinkan gunakan serat alami yang ringan. Bahan alami yang lembut pada rambut akan memungkinkan rambut bernapas lebih baik. Kain chiffon atau katun, misalnya. Hijab katun akan memberikan lebih bayak udara ke kulit kepala sambil sekaligus tetap menjaga rambut tertutup. Jika lebih suka kain sintetis, seperti nylon atau polyester, pastikan untuk menggunakan underscarf untuk membantu melindungi dari risiko gesekan antar kulit kepala dan bahan kain yang dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Sumber:


1.                  Anonim. 10 Cara Merawat Rambut Khusus Anda yang Brhijab. https://www.fashionjilbab.com/tips/cara-merawat-rambut.html/ (diakses 14 Oktober 2018)
2.                  Anonim. 6 Cara Merawat Rambut Berhijab Agar Rambut Tetap Sehat. https://doktersehat.com/cara-merawat-rambut-berhijab/. (diakses 14 Oktober 2018)
3.                  Anonim. Cara Merawat Rambut Berhijab Agar Tidak rontok dan Tetap Indah. http://www.rambutlebat.com/cara-merawat-rambut-berhijab-agar-tidak-rontok-dan-tetap-indah/.(diakses 14 Oktober 2018)
4.                  Pooh, Iefa. 6 Cara Tepat merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab. https://www.idntimes.com/life/women/iefa-pooh/6-cara-tepat-merawat-rambut-bagi-wanita-berhijab-c1c2-1. (diakses 14 Oktober 2018)

5.                  Quamila, Ajeng. 9 Trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita berhijab. https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/merawat-rambut-bagi-wanita-berhijab/. (diakses 14 Oktober 2018)

#Day39 #ODOPbatch6 #OneDayOnePost

Komentar

Popular

Asmara Sri Huning Mustika Tuban

Review Novel Antara Cinta dan Ridha Ummi

Ulasan Buku Dokter yang Dirindukan

Belajar Prosa Liris bersama Uncle Ik

Tentang Rara, Tokoh Utama dalam Novel Rumah Tanpa Jendela