Review Buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah

Gambar
  Dalam RCO level ketiga ini, saya memilih membaca buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah karya Geulbaewoo. Ini adalah kali pertama saya baca buku esai terjemahan Korea, rasanya agak aneh awalnya tetapi lama-lama bisa menikmati. Jujur saja saya tertarik untuk membaca bukunya karena judulnya, berharap menemukan vitamin tambahan dalam proses mendalami petuah 'learn to rest not to quit'. Selain itu saya juga menyukai desain sampulnya yang simpel, tetapi tetap berkesan apalagi ada gambar bunga mataharinya, hehe. Menurut saya isi buku ini cukup menarik tetapi tidak keseluruhan. Beberapa tulisan membuat saya menggut-manggut tak lupa ditempeli sticky notes biar gampang kalau nyari lagi, beberapa lainnya biasa saja (bukan sebab kurang berkesan, tetapi mungkin karena sudah pernah membaca tema itu sebelumnya). Panjang tulisan esainya pun beragam. Ada yang sampai beberapa halaman. Ada yang cuma satu kalimat. Ada yang berisi pengalaman pribadi, ada yang berisi nasihat-nasihat, dll.

Dari Demotivasi jadi Motivasi

           
pixabay.co/Alexas_Fotos
 Saya dimarahi orang siang ini. Entah itu karena orangnya blak-blakan atau saya yang terlalu baperan, pesan singkat itu menyayat hati. Sejenak saya merasa terdemotivasi atas kasus ini, saya hampir menyerah untuk berusaha lagi. Saya merenung, memikirkan apakah mau lanjut menjalankan misi atau tidak. Tiba-tiba wajah salah seorang motivator pas jaman kuliah dulu lewat di pikiran saya. Saya yang berhak memilih untuk menjadikan peristiwa sebagai motivasi atau demotivasi.
            Motivasi adalah alasan kuat yang mendasari individu melakukan suatu hal atau perbuatan. Demotivasi adalah peristiwa melemahnya alasan kuat tersebut. Ya, awalnya saya menggebu-gebu termotivasi kuat untuk maju. Tapi akibat kejadian itu saya jadi patah semangat. Sampai akhirnya saya menemukan sebuah artikel yang memuat tentang tips untuk mengubah demotivasi menjadi motivasi. Berikut beberapa tips yang menurut saya cukup menarik:

1.      Positive Thinking
Penulis menyebutkan bahwa jika saat ini kita sedang terdemotivasi, maka segeralah berpikiran positif agar demotivasi tidak membuat kita berhenti. Pikiran positif mampu membuat kita membuat kita tetap tenang dan berfikir jernih dalam mengambil keputusan. Akhirnya saya mencoba untuk berpikir positif, it’s just a bad day not a bad life.
2.      Keyakinan dan Keinginan dari Dalam Diri
Kita perlu membangkitkan kepercayaan, semangat baru dan perubahan dari dalam diri. Besarkan jiwa dan berikan keyakinan bahwa kita mampu mengubah energi negatif dalam diri kita menjadi suatu energi positif yang mampu memberikan suatu efek perubahan besar. Okay, mungkin lebih baik jika saya menjadikan kejadian hari ini sebagai pelajaran berharga, memikirkan strategi yang lebih matang lagi untuk ke depannya.
3.      Merubah Mindset
Apabila kita sudah tenggelam jauh dalam perasaan demotivasi dan tidak dapat keluar penulis menyarankan kita untuk merubah pikiran kita. Pikirkan bahwa kita bisa merubah kekurangan kita menjadi suatu kelebihan yang tidak pernah dibayangkan. Benar sekali, kamu adalah apa yang kamu pikirkan.
4.      Bebaskan Diri Anda
Jika kita memiliki masalah, sekecil apapun, maka segera carilah jalan keluar. Bukan hanya sekedar membuang waktu untuk memikirkannya saja. Bebaskanlah diri dari masalah secepat mungkin. Semakin kita jauh dari mereka maka kita akan terhindar dari demotivasi. Sepertinya tips ini sedikit susah bagi saya, apalagi saya tipe orang yang suka berlarut-larut memikirkan sesuatu. But no excuse!
5.      Menonton Film Inspiratif
Film motivasi dapat meninggalkan impact yang besar bagi penontonnya. Apalagi jika mereka merasa related. Penulis rekomendasikan “The Billionaire” di film ini, kita akan melihat perjuangan seorang Ittipat dalam meraih kesuksesan, mulai dari pemuda kaya-kemudian dililit hutang-hingga menjadi pengusaha kaya lagi. Saya tidak punya film ini, tapi saya punya stok film yang cukup menginspirasi mungkin menontonnya adalah pilihan bijak.
6.      Kalahkan Rasa Takut
Rasa takut memang wajar. Dia ada di dalam diri manusia. Namun jika ketakutan kita berlebihan, maka hentikanlah. Sedikit quote dari Will Smith dalam Film After yang biala diterjemahkan seperti ini “Rasa takut itu tidak nyata, dia hanyalah product dari imajinasi manusia yang menyebabkan ketakutan atas hal-hal yang mungkin tidak terjadi. Rasa takut adalah sebuah pilihan. Anda memiliki pilihan untuk tidak takut padanya.”
           
Nice tips, sepertinya asyik untuk dicoba. Bagi yanhg ingin membaca tipsnya lebih lengkap silakan kunjungi sumber yang saya berikan di bawah ya. Salam semangat!

Sumber:
Yumna Fariha, Lastriani. 10 Tips Mengubah Demotivasi menjadi Motivasi Menuju Kesuksesan. https://mebiso.com/10-tips-mengubah-demotivasi-menjadi-motivasi-menuju-kesuksesan/


#Day44 #ODOPbatch6 #OneDayOnePost

Komentar

Popular

Asmara Sri Huning Mustika Tuban

Review Novel Antara Cinta dan Ridha Ummi

Ulasan Buku Dokter yang Dirindukan

Belajar Prosa Liris bersama Uncle Ik

Tentang Rara, Tokoh Utama dalam Novel Rumah Tanpa Jendela