Review Buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah

Gambar
  Dalam RCO level ketiga ini, saya memilih membaca buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah karya Geulbaewoo. Ini adalah kali pertama saya baca buku esai terjemahan Korea, rasanya agak aneh awalnya tetapi lama-lama bisa menikmati. Jujur saja saya tertarik untuk membaca bukunya karena judulnya, berharap menemukan vitamin tambahan dalam proses mendalami petuah 'learn to rest not to quit'. Selain itu saya juga menyukai desain sampulnya yang simpel, tetapi tetap berkesan apalagi ada gambar bunga mataharinya, hehe. Menurut saya isi buku ini cukup menarik tetapi tidak keseluruhan. Beberapa tulisan membuat saya menggut-manggut tak lupa ditempeli sticky notes biar gampang kalau nyari lagi, beberapa lainnya biasa saja (bukan sebab kurang berkesan, tetapi mungkin karena sudah pernah membaca tema itu sebelumnya). Panjang tulisan esainya pun beragam. Ada yang sampai beberapa halaman. Ada yang cuma satu kalimat. Ada yang berisi pengalaman pribadi, ada yang berisi nasihat-nasihat, dll.

10 Kiat Menghilangkan Pikiran Negatif


Manusia memiliki dua pilihan dalam cara berpikir yaitu berpikir secara positif dan berpikir negatif. Dalam berbagai literatur menyebutkan bahwa pikiran positif dapat memberikan banyak manfaat. Namun sebaliknya pikiran negatif memiliki dampak yang berbahaya. Pikiran negatif dapat memengaruhi perilaku dan mengganggu ketentraman pikiran yang dapat menyebabkan terjadinya berbagai masalah hidup. Jenis pikiran ini dapat membuat orang merasa tidak nyaman dan pesimis tentang kemampuannya. Hal ini tentu saja sangat mengganggu, apalagi bila setiap hari pikiran negatif tersebut selalu menghantui segala aktifitas Anda. Kabar baiknya, Anda bisa mengontrol diri anda untuk mengusir pikiran negatif tersebut. Berikut 10 kiat yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan pikiran negatif:
1.      Pikirkan Hidup Anda Saat Ini
Jangan terlalu cemas memikirkan masa lalu yang gagal, jangan pula pesimis dan terlalu memikirkan masa depan karena khawatir akan menuai kegagalan lagi. Pada prinsipnya kegagalan di masa lalu adalah sejarah dan pelajaran sedangkan masa depan adalah ketidakpastian. Hidup Anda adalah sekarang dan saat ini. Sadarilah bahwa hanya masa kini yang dapat kita kontrol.
2.      Katakan Hal Positif pada Diri Sendiri
Selalu katakan pada diri sendiri, bahwa Anda adalah orang yang hebat dan kuat yang dapat melakukan apa pun sesuai keinginan dan impian. Katakan semua itu kepada diri Anda sendiri berulang-ulang setiap hari. Dengan mengatakan hal-hal positif, Anda berarti tengah memotivasi diri sendiri supaya bangkit. Anda dapat mengarang kata-kata motivasi sendiri maupun melalui referensi-referensi yang Anda baca.
3.      Percaya pada Kekuatan Pikiran Positif
Percayalah bahwa hidup dimulai dengan pikiran. Jika pikiran positif, maka hidup Anda pun akan positif. Anda harus senantiasa percaya bahwa pikiran positif itu sangat penting untuk dipelihara. “Orang kaya makin kaya, orang miskin makin miskin” kebenaran ungkapan ini diyakini masyarakat. “Orang kaya makin kaya” sebab pikiran mereka selalu dipenuhi semua kekayaan yang mereka miliki. Terlebih lagi jika mereka senantiasa mensyukuri kekayaannya. Sebaliknya “orang miskin makin miskin” sebab pikiran mereka selalu dipenuhi semua hal yang tidak dimilikinya. Dengan kata lain perasaan “tidak punya” (miskin) memenuhi hatinya. Terlebih lagi jika orang yang “tidak punya” itu selalu komplain dan mengeluhkan apa yang tidak dimilikinya.
4.      Fokus pada hal Positif
 Orang sering kali lupa terhadap apa yang sudah menjadi milik sendiri dan lebih fokus terhadap apa yang tidak dimiliki. Padahal sejak membuka mata, Anda telah merasakan nikmat yang begitu besar dari-Nya bukan? Setiap hari cobalah tuliskan lima atau enam hal positif yang terjadi pada hari tersebut. Hal positif ini dapat berupa hal-hal besar, maupun sekedar hal-hal kecil, seperti “Hari ini cerah”. Selama konsisten melakukan kegiatan ini, pemikiran negatif Anda akan berubah menjadi positif dan ketika Anda mulai berpikiran negatif cobalah baca kembali daftar tersebut.
5.      Hadapi Ketakutan Anda
Semakin takut Anda akan hidup, maka akan semakin banyak pikiran negatif yang bermunculan. Untuk itu ketakutan-ketakutan akan hidup bisa disikapi dengan cara melakukan sesuatu yang ditakuti. Biasanya ketakutan berhubungan erat dengan kepercayaan pada perkara yang bukan realitas. Biasanya ketakutan itu tidaklah seburuk yang Anda pikir, karena kebanyakan ini hanyalah bentuk ancaman pada khayalan sendiri.
6.      Cobalah Hal-Hal Baru dalam Hidup Anda
Mencoba hal-hal yang baru dalam hidup adalah suatu hal yang mesti dilakukan oleh Anda yang ingin mempunyai rasa percaya diri tinggi. Di samping itu, dengan mencoba hal-hal baru, hidup pun lebih menyenangkan karena Anda akan lebih kreatif, pengalaman, dan hidup tidak stagnan. Memang, mencoba hal baru bukan perkara yang mudah untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang berada di zona nyaman dan aman. Hal demikian secara tak sadar, justru mengungkung Anda dalam lingkaran keterbatasan dan membunuh kesempatan untuk berkembang lebih besar lagi. Namun dengan mencoba hal yang baru setiap saat akan membantu Anda menggunakan waktu secara berbeda dan mendapatkan banyak sekali keuntungan.
7.      Stop Jika Mulai berpikir Negatif
Terkadang seseorang tetap membiarkan diri dalam pusaran pikiran negatif dan tidak memberikan reaksi apapun., bahkan terus hanyut di dalamnya. Ini adalah tindakan keliru. Jika sempat berpikir ke arah hal-hal yang kurang baik, maka Anda sebaiknya berupaya menghentikannya. Terdapat dua macam cara dalam menghentikan pikiran negatif, yaitu overt dan convert. Overt diterapkan dengan mengucapkan (bersuara) kata-kata STOP atau TIDAK dan untuk convert dapat diterapkan dengan isyarat atau niatan batin saja. Misalnya dengan menepuk atau mencubit anggota tubuh tertentu.
8.      Mengubah Cara Pandang
Apapun bentuknya, setiap kejadian yang bertentangan dengan keinginan tentu akan sangat mengganggu. Mencari cara pandang untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif adalah sesuatu yang wajib untuk dilakukan. Lalu temukan hal-hal positif dari kejadian tersebut, kemudian bersyukurlah. Sebab di balik setiap kesulitan dan tantangan hidup terdapat hikmah.
9.      Kenali Penyebabnya lalu Sikapilah
Menelusuri penyebab mengenai hal yang membuat Anda berpikir negatif sangat penting untuk dilakukan sebagai cara awal untuk menghentikan pikiran negatif agar tidak berlarut dan semakin berbahaya. Coba cermati pikiran Anda sendiri. Apa sebabnya Anda berpikir yang aneh-aneh sehingga masuk dalam pikiran yang dapat menyengsarakan. Setelah mengenalinya, segera perbaiki apa kesalahan atau kekeliruan Anda. Lakukan ini sesegera mungkin agar terhindar dan dapat lari dari pikiran yang buruk ini.
10.   Lakukan Aktivitas Fisik
Para pakar kebugaran menyebutkan olahraga merupakan cara sehat untuk melenyapkan bad mood dengan cepat. Anda tidak perlu melakukan sesi olahraga di gym, cukup berjalan kaki atau jogging selama 15 menit saja sudah efektif mengembalikan mood. Bisa juga dengan sekadar berjalan mengelilingi blok atau berlari sepuluh kilometer.

Sumber:
-        Sentanu, Erbe. 2015. The Power of Quantum Ikhlas for Teens. Jakarta: Elex Media Komputindo.
-        Sukma, Rahardian. 2017. Move On dari Pikiran Negatif. Yogyakarta: Saufa.

#TantanganODOP2 #OneDayOnePost #ODOPbatch6 #nonfiksi


  

Komentar

Popular

Asmara Sri Huning Mustika Tuban

Review Novel Antara Cinta dan Ridha Ummi

Ulasan Buku Dokter yang Dirindukan

Belajar Prosa Liris bersama Uncle Ik

Tentang Rara, Tokoh Utama dalam Novel Rumah Tanpa Jendela